Jumat, 18 November 2011

SLC dan SDLC


SIKLUS HIDUP SISTEM
(SYSTEMS LIFE CYCLE)

SLC adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau sub-sistem informasi berbasis komputer. SLC sering juga disebut dengan waterfall approach.

GSLC (General System Life Cycle)
Merupakan fase-fase utama (general) yang terjadi pada semua sistem, baik sistem biologis, fisikal, social ataupun sistem lainnya.

Adapun fase-fase tersebut terbagi menjadi 4 (empat) fase diantaranya adalah;
1.      Development (introduction)
2.      Growth
3.      Maturity
4.      Deterioration (decline)

Apabila di gambarkan maka akan berbentuk seperti ini.
    |                          
    |                         +---------------+\
    |                        /:               :  \
    |                      /  :               :    \
    |                    /    :               :      \
    |                  /      :               :        \
    |                /        :               :          \
    |              /          :               :
    |  /--------+/            :               :
    | /    I    :     II      :      III      :    IV
    |/          :             :               :
    +---------------------------------------------------------------
     Development    Growth       Maturity       Deterioration        

            Gambar 4.1 : General Systems Life Cycle (GSLC)


ISLC (Information System Life Cycle)
Merupakan fase-fase utama (general) yang terjadi pada sistem informasi.
Adapun fase-fase tersebut terbagi menjadi 4 (empat) bagian diantaranya adalah;
a)     Systems Development (Design)
b)     Systems Implementation
c)     Systems Operation (Maintenance)
d)     Systems Obsolescence

Apabila di gambarkan maka akan berbentuk seperti ini.
    |                          
    |                         +---------------+\
    |                        /:               :  \
    |                      /  :               :    \
    |                    /    :               :      \
    |                  /      :               :        \
    |                /        :               :          \
    |              /          :               :
    |  /--------+/            :               :
    | /    I    :      II     :      III      :    IV
    |/          :             :               :
    +---------------------------------------------------------------
     Systems      Systems       Systems Operation  Systems
     Development Implementation (Maintenance)      Obsalescence
     (Design)

           Gambar 4.2 : Information Systems Life Cycle

System Development Life Cycle (SDLC)
SDLC ini berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam 3 kegiatan utama, yaitu;
1)     Analysis
Dalam tahapan analisis ini, diguanakan oleh analis sistem untuk;
·       Membuat keputusan apabila sistem saat ini mempunyai masalah atau sudah tidak berfungsi secara baik dan hasil analisisnya digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki sistem.
·       Mengetahui ruang lingkup pekerjaannya yang akan ditanganinya.
·       Memahami sistem yang sedang berjalan saat ini.
·       Mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap analisis ini adalah;
a)     Problem Detection
Tujuan             : mendeteksi sistem, apabila sistem saat ini semakin berkurang manfaatnya
Hasil               : laporan pendahuluan tentang permasalahan yang terjadi dalam sistem

b)     Initial investigation
Tujuan             : memberikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah-daerah yang menimbulkan masalah
Hasil               : penjelasan sistem saat ini

c)     Requirement analysis (determination of ideal system)
Tujuan             : mendapatkan konsesus dari komunitas pemakai dari SI yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
Hasil               :penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.

d)     Generation of system alternative
Tujuan             : menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan sistem idealnya.
Hasil               : dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan digunakan untuk memperbaiki sistem.

e)     Selection of proper system
Tujuan             : membandingkan alternatif-alternatif sistem dengan menggunakan metodologi terstruktur, memilih alternatif sistem yang paling baik, dan menjualnya (sell) kepada management.
Hasil               : hasil-hasil dari studi sistem.


2)     Design
Dalam tahap perancangan (design) memiliki tujuan, yaitu untuk;
·       Mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah;
a)               Output design
Tujuan       : memberikan bentuk-bentuk laporan sistem dan dokumennya.
Hasil         : bentuk (form) dari dokumentasi keluar (output).
           
b)               Input design
Tujuan       : memeriksa bentuk-bentuk masukan didokumen dan dilayar ke sistem informasi.
Hasil         : bentuk (form) dari dokumentasi masukan (input).

c)               File design
Tujuan       : memeriksa bentuk-bentuk file yang dibutuhkan dalam SI.
Hasil         : bentuk (form) dari dokumentasi file.

3)     Implementation
Dalam tahap implementasi emmiliki beberapa tujuan, yaitu untuk;
·       Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
·       Menimplementasi sistem yang baru.
·       Manjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap implementasi adalah;
a)     Programming & testing
Tujuan             : mengkonversikan perancangan logikal ke dalam kegiatan operasi  dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu, dan mengetest semua program serta memastikan semua fungsi/modul program dapat berjalan secara benar.
Hasil               : coding program dan spesifikasi program.

b)     Training
Tujuan             : memimpin (conduct) pelatihan dalam menggunakan sistem, persiapan lokasi latihan dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan pelatihan (buku panduan sistem).
Hasil               : rencana pelatihan sistem, modul-modul latihan dan sebagainya.

c)     System changeover
Tujuan             : merubah pemakaian sistem lama ke sistem baru dari sistem informasi yang berhasil dibangun. Perubahan sistem merupakan tanggungjawab team designer ke pemakai sistem (user organization).
Hasil               : rencana (jadwal dan metode) perubahan sistem (contract)

Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil kegiatannya (deliverable).
Apabila kegiatan utama tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah yang lebih rinci dapat digambarkan seperti berikut;
+---------------------------------------------------------------------+
:         ANALYSIS        :       DESIGN         :  IMPLEMENTATION    :
+---------------------------------------------------------------------+
                          :                      :
     +---------------+    :                      :
 +-->:     Problem   :    :                      :
 |   :    Detection  :    :                      :
 |   +---------------+  +-----------+          +-----------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :    Initial    :  | : :    Output     :  | : : Programming / :
 |   : Investigation :  | : :               :  | : :     test      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :  Requirements :  | : :     Input     :  | : :  Training /   :
 |   :    Analysis   :  | : :               :  | : :    Other      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
     +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
     : Generation of :  | : :     Files     :--+ : :    System     :
     : Alternatives  :  | : :               :    : :  Change Over  :
     +---------------+  | : +---------------+    : +---------------+
             |          | :                      :
     +---------------+  | :                      :
     : Selection of  :--+ :                      :
     : Proper System :    :                      :
     +---------------+    :                      :

Gambar 4.3 : Stages of Problem Solving Systems Development Life Cycle (SDLC)


Tidak ada komentar: