Minggu, 30 Oktober 2011

PERSAINGAN DUNIA


huaaa sudah lama bgd gag update di blog.. L

    Ok sekarang saatnya kita membahas tentang apa ya yang enak,hmmmm bagaimana kalau yang sedang terjadi atau yang sedang marak (buming) di dunia.. ada yang tau ???
Hayooo kira-kira apa…
Yappp dari pada kelamaan sekarang saya akan membahas tentang “PERSAINGAN DUNIA” ada yang tau gag persaingan dunia itu apa..?
Nah sebelum kita menjelaskan tentang persaingan dunia kita harus tau apa sih itu persaingan dan apa sih dunia itu.. bagaimana wujudnya/bentuknya, dan ada gag sih keuntungan dan kekurangannya ..
Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
Setelah mikir panjang .!!!!!
We start to explain about the “PERSAINGAN DUNIA” (competition of the word)
persaingan adalah suatu kompetisi sedangkan yang kita lihat dunia itu luas tanpa batasnya jadi, persaingan dunia adalah suatu kompetisi dimana kita sebagai penggerak dari isi apa yang akan di eksplorasikan yang tiada batasnya dalam arti setiap orang berhak atas mengeksplorasikan suatu ide/gagasan/lainnya yang nantinya akan menjadi sesuatu yang dapat menarik perhatian (jual/beli)...
      Banyak sekali yang sekarang kita temui salah satunya adalah persaingan alat komunikasi.. tidak hanya persaingan antar toko/per-seorangan(pribadi) tapi melainkan persaingan dunia ini meliputi persaingan di perusahaan perusahaan khususnya yang bersifat milik negara atau pemerintah..
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang sebagian pemiliknya dimiliki oleh negara. BUMN dapat pula berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat.
contohnya saja PERUM (Perusahaan Umum) adalah suatu perusahaan negara yang bertujuan untuk melayani kepentingan umum  tetapi sekaligus mencari keuntungan.
Ciri-ciri PERUM;
  • melayani kepentingan umum
  • dipimpin oleh direktur
  • mempunyai kekayaan sendiri dan bergerak di perusahaan swasta
artinya, PERUM bebas membuat kontrak kerja dengan semua pihak
  • dikelola dengan modal pemerintah yang terpisah dari kekayaan negara
  • pekerjanya adalah pegawai perusahaan swasta
  • memupuk keuntungan untuk mengisi kas negara
contoh: PERUM Pegadaian, PERUM DAMRI, PERUM ANTARA, PERUM Peruri dan lain sebagainya..

      OK kita akan membahas tentang salah satu contoh PERUM yaitu PERUM Peruri .
Banyak sekali yang belum mengetahui apa sih itu PERUM Peruri .. oke saya akan  jelaskan apa sih itu PERUM Peruri..

     PERUM Peruri adalah singkatan dari Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.. wahhhhhhh tempat cetak uang dong???? 
yaaa betul memang PERUM Peruri ini adalah suatu Badan Usaha Milik Negara satu-satunya yang dipercaya oleh Negara untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia. 
   Perusahaan yang berdiri pada 15 September 1971 ini, merupakan  gabungan dari 2 perusahan Pertjetakan Kebajoran dan PN. Artha Yasa .
  Dimana Tugas Utama PERUM PERURI adalah menyelenggarakan usaha mencetak uang rupiah Republik Indonesia (baik uang kertas maupun uang logam) untuk Bank Indonesia serta mencetak produk kertas berharga non uang sesuai pesanan perusahaan pemesan.

pasti yang ada dalam benak kita, dan setelah saya telusuri banyak yang berkata PERURI hanya memproduksi uang sajja..

jawabannya adalah SALAH kenapa salah, karena disini PERURI tidak hanya memproduksi Uang saja melainkan mencetak produk security lainnya, termaksud cetakan kertas berharga non-uang dan logam non-uang. Produk yang di hasilkan oleh PERUM Peruri yaitu;
  1. Uang Kertas
  2. Uang Logam
  3. Paspor
  4. Pita Cukai
  5. Sertifikat Tanah
  6. Materai
  7. Produk Security lainnya
    Seperti yang sudah dikatakan ciri dari PERUM adalah memupuk keuntungan untuk mengisi kas negara..
    Perum Peruri bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain untuk mendapatkan keuntungan. Seperti yang tertuang dalam Visi dan Missi ..

Visi 
perusahaan berkelas dunia dibidang INTEGRATED SECURITY PRINTING AND SYSTEM

Missi
Menghasilkan produk berkualitas dan bernilai security tinggi kebanggan bangsa

PERUM Peruri memiliki TATA NILAI diantaranya;
  1. INTEGRITAS
  2. KUALITAS
  3. TEAMWORK
  4. INOVASI
  5. SECURITY
nah sekarang pengetahuan bertambah kan, kita tahu bahwa PERUM Peruri tidak hanya mencetak uang tetapi paspor, pita cukai dan yang lainnya..
   Persaingan didunia begitu marak sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi dengan tekhnologi yang begitu cepat berkembang pesat..




to be continue....

Tidak ada komentar: